Pages

Ads 468x60px

Labels

Senin, 11 Februari 2013

Cara Membuat Blog Dan Mengganti Template

Saya sudah membahas hal-hal dasar yang perlu diketahui seorang blogger pada artikel sebelumnya, sekarang dilanjutkan cara membuat blog dan mengubah template atau tampilan. Yang harus saudara lakukan adalah masuk ke http://www.blogger.com kemudian login dengan email saudara. Setelah login berhasil saudara akan di arah pada halaman dasbor blogger, disana akan ada tulisan kotak kecil yang bertuliskan Blog Baru.
Kemudian akan ada tampilan yang meminta saudara memasukkan Judul dan Alamat serta memilih Template. Isikan Nama blog yang saudara inginkan, saya sarankan pada pemilihan alamat sebaiknya pilih nama yang ada hubungan dengan tema blog saudara dan juga mudah untuk diingat pengunjung. Misalnya blog saudara bertemakan tentang kesehatan, saudara bisa memakai alamat kesehatankita.blogspot.com selagi nama tersebut belum ada orang lain yang menggunakannya. Jangan memakai campuran karakter seperti k3seh4tank1ta.blogspot.com susah untuk diingat dan juga tidak baik untuk SEO (Search Engine Optimizier). Dilarang juga menggunakan spasi atau karakter unik pada alamat blog, jika memang diperlukan gunakan tanda (-) sebagai pemisah.
Jika sudah selesai silahkan pilih lanjutkan. Maka sampai pada pemilihan template (desain) saudara bebas memilih salah satu template yang saudara inginkan. Pilih saja salah satunya karena nanti saudara masih bisa diganti apabila saudara tidak suka. Jika template sudah dipilih, terakhir tekan Buat blog !.
Sekarang blog saudara telah berhasil di ciptakan silahkan tekan LIHAT BLOG agar lebih meyakinkan.

Bagaimana cara merubah template/tampilan di Blogger?

Kunjungi http://www.btemplate.com, itu adalah salah satu layanan penyedia template dari sekian banyak layanan penyedia template yang lain. Disana saudara dapat mendownload template dengan berbagai macam pilihan secara gratis. Sebaiknya memilih template dengan 2 kolom dengan sidebar disamping kanan. Jangan memilih template yang aneh, sehingga dapat menyulitkan pengunjung untuk membaca blog saudara. Pilihlah template sesimpel mungkin sehingga pengunjung blog saudara bisa lebih nyaman.
Jika sudah mendownload template maka file template yang telah saudara download  biasanya tersimpan dalam file Zip. Silahkan Buka file Zip kemudian cari file yang ber-ektensi  .xml.

  • Buka file .xml, lalu copy semua kode script dengan menekan CTRL + A.

Contoh XML


  • Kembali ke dasbor pilih Template, Edit HTML, jangan lupa centang Expand Template Widget lalu tekan CTRL + A  dan Hapus.
  • Pastekan template yang sudah saudara copy tadi.
  • Tekan Pratinjau untuk memastikan tidak ada kesalahan, kalau sudah selesai tekan Simpan.
Catatan: Yang harus di perhatikan pada tampilan blog adalah, jangan pernah membuat kesalahan dengan memasang gadget/widget tidak penting, itu dapat memperlama blog untuk memuat halaman. Sehingga pengunjung akan jadi bosan untuk menunggu loading dalam blog saudara. Sebaiknya anda hanya menggunakan default widget seperti Blog Archrive, Label, dan Posting Terbaru.

Mengganti tulisan Judul blog (Header) dengan gambar

Header merupakan wajah dari sebuah blog, inilah salah satu bagian terpenting agar blog terlihat lebih profesional. Buatlah sebuah header yang menarik, tidak acak-acakan dan juga cocok dengan template yang sedang digunakan. Sebab apabila headernya tidak menarik, maka kecil harapan pembaca bisa tertarik dengan isi dari blog saudara. Apabila merasa header yang anda pasang tidak menarik sebaiknya gunakan tulisan saja. Untuk caranya silahkan perhatikan gambar !


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Cara Membuat Blog Dan Mengganti Template
Penulis: Unknown
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Cara Membuat Blog Dan Mengganti Template ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

1 komentar: